Banjarnegara, ERANASIONAL.COM – Gelaran tahunan Dieng Culture Festival (DCF) di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) sudah dibuka.

DCF dibuka dengan gelaran seni dan budaya yang dipusatkan di sekitar kawasan Candi Arjuna Jumat (23/8/2024). Diperkirakan, uang yang beredar dalam acara DCF selama tiga hari diperkirakan mencapai Rp50 miliar.

DCF yang akan berlangsung hingga Minggu (25//2024) menggelar berbagai macam acara. Puncak acara DCF adalah prosesi pemotongan rambut gimbal anak-anak di Dieng. Prosesi tersebut bakal berlangsung pada Sabtu (24/8/2024). Ada sebanyak 12 anak yang rambutnya gimbal akan dipotong.

Ketua Panitia DCF Alif Faozi mengatakan bahwa pagelaran DCF tahun 2024 telah masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN).

“Hingga kini, paket wisata DCF yang telah laku sebanyak 5.850 tiket. Itu merupakan pengunjung yang ikut dengan paket wisata. Sedangkan masih ada ribuan lainnya yang datang sendiri. Sebagai contoh, tahun 2022 lalu, jumlah pengunjung mencapai 100 ribu. Sehingga uang yang beredar juga mencapai puluhan miliar. Kami memperkirakan tahun ini uang selama pagelaran DCF mencapai Rp50 miliar,” jelas dia.

Alif mengungkapkan, tahun ini DCF mengambil tema Back to Journey, lebih menonjolkan budaya. Meski tetap ada pagelaran musik Jazz Atas Awan, festival domba Batur, festival kuliner dan produk UMKM.

“Pagelaran DCF ini sangat berdampak bagi masyarakat khususnya di kawasan Dieng. Karena ada peningkatan ekonomi, tidak hanya bersumber dari pertanian saja, melainkan dari wisata,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto Christoveny mengatakan pihaknya ikut mensukseskan pagelaran DCF karena sesuai tugas BI yakni mendorong pertumbuhan ekonomi.