4 Wisata Alam di Desa Pongkar yang Wajib Dikunjungi Saat ke Kabupaten Karimun

Setiap pergantian tahun, salah satu resolusi yang populer adalah untuk lebih sering melakukan perjalanan liburan. Selain akhir pekan, tentu hari yang paling kita nanti adalah hari libur nasional. Untuk itu, penetapan hari libur nasional menjadi berita yang selalu kita pantau untuk mempersiapkan perjalanan liburan.

Dalam momen liburan akhir tahun, mayoritas masyarakat di wilayah pulau jawa memilih tempat liburan ke beberapa wilayah yang menjadi tempat favorite untuk menghabiskan waktu pergantian tahun seperti : yogyakarta, bandung, surabaya, Malang, Hingga Bali.

Bagi anda yang ingin mencari suasana baru dalam melakukan kegiatan akhir tahun, Desa Pongkar mungkin bisa menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang baru untuk dikunjungi. Desa Pongkar terletak di Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Memang mungkin terdengar asing nama Desa Pongkar bagi pecinta travelling, Namun Desa yang memiliki luas 44,3 Ha luas wilayah darat dan 265,18 Ha lautan tersebut mempunyai keindahan alam yang masih asri dan sejuk.

Terkenal dengan sektor pariwisatanya, Desa Pongkar sendiri memiliki beberapa objek wisata yang wajib kalian kunjungi, mulai dari Air Terjun, Gunung Hingga Pantai.

1. Air Terjun Desa Pongkar

Air Terjun Desa Pongkar

Air Terjun Desa Pongkar, Kecamatan Tebing menjadi satu di antara destinasi wisata Kepri di Kabupaten Karimun.

Air Terjun Desa Pongkar yang menjadi salah satu destinasi wisata Kepri di Karimun dikelilingi pemandangan alam yang asri.

Untuk bisa ke lokasi Air Terjun Pongkar destinasi wisata Kepri di Karimun dapat ditempuh sekitar 21,6 kilometer atau menempuh perjalanan selama 40 menit menggunakan transportasi sepeda motor atau angkutan umum dari Pelabuhan Domestik Karimun.

Setelah tiba di Air Terjun Desa Pongkar itu, para pengunjung harus melewati setapak jalan yang disemen untuk tiba di puncak air terjun.

Bagi yang punya hobi mendaki, salah satu tempat andalan atau pilihan yakni Gunung Jantan yang melewati Air Terjun Desa Pongkar.

Air Terjun Desa Pongkar ini merupakan tempat wisata alam satu-satunya yang berada di wilayah Pulau Karimun besar yang masih asri hingga saat ini.

Dengan sumber air yang berasal dari Gunung Jantan, sentuhan air yang dingin hingga menyegarkan bagi para pengujung.

Masyarakat lokal maupun mancanegara berdatangan ke lokasi ini untuk mengisi waktu berlibur.

Mulai kalangan anak-anak, dewasa, dan kaum milenial tidak akan tahan godaan untuk melihat lebih dekat destinasi alam yang asri.

Air Terjun di Desa Pongkar ini diketahui sudah ada sebelum tahun 1960.

Namun hingga saat ini bentuknya masih sangat sederhana karna berada di dalam hutan.

Hijaunya pepohonan, suara kicauan burung, dan hewan monyet yang bergelantungan menyambut kedatangan pengunjung.

Selain sebagai objek destinasi wisata alam, aliran air terjun yang bersumber dari Gunung Jantan ini juga diandalkan oleh warga sekitar.

2. Pantai Pongkar

WIsata Pantai Pongkar

Pantai pongkar merupakan salah satu dari wisata bahari yang pasir putihnya membentang luas. Pantai ini memiliki pemandangan berupa pegunungan Karimun dan juga terdapat pohon-pohon cemara yang berjejer di penjuru pantai. Pantai ini memiliki luas sekitar 100 hektar.

Pantai ini dekat dengan wisata baru yang saat ini menjadi bahan pembicaraan di Kabupaten Karimun yakni Kolam Renang Tamara. Pantai yang berada di Kecamatan Tebing ini tersedia panggung yang digunakan untuk atraksi kesenian lokal dan juga tersedia guest house yakni tempat istirahat bagi wisatawan.

Pesona pantai ini bisa dilihat dari pasir putih yang terhampar disepanjang pantai dan warna biru lautan yang membentang luas. Selain karena pasir putih terhampar, pantai ini juga cukup bersih serta halus disepanjang pasirnya.

Fasilitas yang ada di pantai pongkar antara lain banana boat dengan harga sekitar Rp 20.000,- per orang. Anda juga akan diberikan fasilitas dengan keamanan dan juga akan dilengkapi pengaman yang cukup ketat. Selain itu jika Anda tidak bisa berenang, Anda bisa menggunakan baju pelampung dan akan diawasi penuh oleh petugas banana boat.

3. Gunung Jantan

Gunung Jantan

Gunung Jantan berada di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Gunung ini memiliki ketinggian 439 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL).

Untuk bisa tiba di atas puncak, akan memerlukan waktu selama 80-90 menit perjalanan.

Untuk mencapai puncak Gunung Jantan pendaki harus melalui track yang cukup berat. Sebab, medan yang harus dilalui berbatu dan kemiringin yang terjal dan curam. Ditambah lagi, banyak bebatuan besar yang menjulang tinggi yang biasa digunakan sebagai jalur pendakian, maka sangat disarankan menggunakan tongkat untuk membantu pendakian (trekking pole).

Gunung Jantan juga memiliki objek wisata air terjun, kawasan ini kerap menjadi pilihan bagi masyarakat saat menghabiskan waktu berlibur. Lokasi air terjun tepat berada di kaki Gunung, itu bisa ditemui ketika anda akan memulai pendakian.

4. Pantai Ketam

Wisata Pantai Ketam

Pantai ketam Tanjung Balai Karimun adalah pantai yang terletak di desa pongkar Kecamatan tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau Indonesia, pantai ketam ini terletak bersebelahan dengan pantai pongkar yang sama-sama berada di desa pongkar Kecamatan tebing Kabupaten Karimun.

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang sangat luas berwarna putih, dengan pepohonan rindang di pinggir pantai.

Di pantai ini jika tepat di hari libur banyak sekali para keluarga datang ada yang menggunakan sepeda motor dan banyak juga yang menggunakan mobil karena disini tempatnya luas sehingga mobil bisa parkir lebih luas daripada pantai pongkar.

Pepohonan Rindang di tepi pantai menjadikan daya tarik tersendiri yang membuat nyaman bagi seluruh pengunjung.