Agoda Klaim Thailand Posisi Pertama Negara Paling Banyak Ingin Dikunjungi

Eranasional.com – Menurut data penelusuran informasi (search data) Agoda, Thailand mendominasi peringkat global sebagai destinasi wisata nomor satu yang paling banyak dicari pengguna dalam enam bulan mendatang.

Sejak tahun lalu, kunjungan wisatawan asing di Thailand terus meningkat. Data penelusuran informasi Agoda bahkan melonjak 500% dari Triwulan I-2022 hingga saat ini.

Wisatawan asing asal Jepang, Amerika Serikat, dan Singapura paling ingin berkunjung kembali ke Thailand setelah pemerintah lokal berupaya memulihkan sektor pariwisata internasional.

Upaya pemerintah ini ditempuh lewat sejumlah inisiatif seperti program Thailand Pass dan Sandbox. Wisatawan asing di sejumlah pasar di Eropa menyusul ketiga negara tersebut, seperti Inggris, Perancis, dan Swiss.

Sementara, kota-kota asal wisatawan asing lainnya di Korea Selatan, Maladewa, Filipina, dan Indonesia berada dalam peringkat 10 besar.

Demi mendukung prediksi arus wisatawan ini, Agoda berkolaborasi dengan Finema, perusahaan teknologi yang mengembangkan program Thailand Pass mewakili Departemen Urusan Konsuler (di bawah naungan Kementerian Luar Negeri Thailand).

Program ini juga melibatkan Departemen Pengendalian Penyakit (dalam naungan Kementerian Kesehatan Publik), Tourism Authority of Thailand (TAT), dan Digital Government Development Agency (DGA). Kolaborasi ini ingin mengotomatisasi unggahan data reservasi dan mempercepat proses aplikasi Thailand Pass, serta mengurangi kekeliruan atau penundaan perjalanan.

“Pemerintah bekerja keras mempermudah reservasi bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Thailand melalui Test & Go, Sandbox serta Thailand Pass. Namun, wisatawan asing kerap kesulitan dan menghabiskan banyak waktu untuk memantau persyaratan kunjungan dan proses yang harus ditempuh. Maka, Agoda mengintegrasikan data reservasi pada platform Thailand Pass. Berkat integrasi ini, wisatawan mengunggah rincian reservasi secara otomatis sehingga tingkat kekeliruan pun berkurang,” ujar Damien PfirschChief Commercial Officer, Agoda.

Agoda ditawarkan sebagai opsi check box pada laman aplikasi Thailand Pass. Setelah pengguna memasukkan ID reservasi, sistem segera menarik semua data penting dan mengisi formulir aplikasi secara otomatis.

Pengguna akan menerima validasi reservasi secara langsung, dan memperoleh instruksi jelas tentang langkah selanjutnya—mempercepat proses reviu.

“Agoda ingin mempermudah pengalaman liburan dengan sebaik-baiknya. Kami memahami, dunia pariwisata masa kini menghadapi sejumlah tantangan. Untuk itu, kami ingin mempermudahnya dengan keahlian teknologi Agoda. Lewat kolaborasi ini, dan banyak kolaborasi lain yang tengah digagas di Asia, kami memperlancar proses prakeberangkatan,” lanjut Pfirsch.

Wisatawan dari seluruh penjuru dunia semakin ingin berlibur di destinasi pantai favorit seperti Phuket, Koh Samui, Pattaya, Krabi; mengeksplorasi kawasan bukit di sebelah utara, dan mendaki gunung indah di Chiang MaiChiang Rai, Pai; atau, menikmati kuliner jalanan yang lezat dan pengalaman berbelanja yang ditawarkan ibu kota ThailandBangkok.